Resep Membuat Tape Ketan Hitam Manis Istimewa Terbaru

Tape merupakan makanan basah yang terbuat dari singkong atau beras yang difermentasikan menggunakan ragi. Salah satu jenis tape adalah kue tape ketan yang telah lama dikenal di Indonesia. Dalam pembuatan tape ketan ada hal yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan ragi. Penggunaan ragi yang terlalu banyak akan membuat tape terasa pengar namun karena proses frementasinya yang terlalu cepat.

Namun jika penggunaan ragi terlampau sekikit hal ini bisa membuat rasa tape tidak manis dan terasa keras. Untuk itu penggunaan ragi haruslah memperhatikan jumlah bahan beras ketan. Jenis ragi yang digunakan juga berpengaruh terhadap kualitas tape ketan. Biasanya proses fermentasi membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari. Rasa manis tape ketan bukan karena gula tapi dari glukosa yang terkandung dalam beras ketan.

Tape ketan mudah kita jumpai saat lebaran terutama di daerah betawi yang terkenal dengan tape uli nya. Cara membuat tape ketan tidak lah sulit. Resep tape ketan hitam ini bisa anda coba sendiri dirumah. Berikut membuat resep tape ketan hitam :

Tape Ketan

Bahan membuat tape ketan :
beras ketan  hitam 500g
air panas 400ml
gula pasir 5sdm (menurut seleara)
ragi tape secukupnya ( 2 butir )

Cara membuat tape ketan hitam:
  • Rendam beras ketan hitam kedalam 1 liter air semalaman. tiriskan.
  • Kukus beras ketan hitam hingga menguluarkan uap yang banyak, setelah itu siram menggunakan 400 ml air panas,kemudian dikukus lagi hingga waktu 15 menit, angkat dan biarkan agar dingin.
  • Ambil setengah bagian beras ketan hitam dan taruh dalam wadah kemudian ratakan, langkah berikutnya taburkan ragi setengahnya saja masukan gula jika dirasa perlu.
  • Tutupi ketan yang sudah ditaburi ragi dengan sisa setengah beras ketan,jangan lupa untuk menaburkan ragi diatasnya hingga habis.
  • Langkah terakhir wadah ketan harus ditutup secara rapat, bungkus atau tutupi menggunakan kain lap kemudian diletakkan pada tempat yang kering dan hangat.
  • Biarkan untuk fermentasi selama 3 hari, jika sudah 3 hari dapat langsung disimpan dalam kulkas supaya bisa bertahan lama serta fermentasinya tidak berlebihan.
Sajikan tape ketan bersama teman atau keluarga sebagai cemilan atau teman minum teh. Selamat mencoba resep membuat kue tape ketan hitam, sajikan tape istimewa ini bersama keluarga tercinta. Coba juga resep  kue putu Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Siomay Pink Jakarta Buatan Pak Sriyono Terbaru

Cara Membuat Rempeyek Kacang Enak dan Renyah Terbaru