Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Istimewa Terbaru

Kue Klepon lebih dikenal dengan Nama Klepon merupakan kue basah tradisional Indonesia. Dikenal sebagai jajanan pasar yang berbentuk bulat berselimut Parutan kelapa dan biasanya disajikan dengan wadah daun pisang. Kue klepon biasa diisi dengan gula merah sehingga saat digigit rasa gula merah langsung meletus lumer dimulut memberikan rasa yang benar benar khas. 

Membuat Klepon dengan cara tradisional membuat kelepon menjadi jajanan yang sehat untuk dikonsumsi karena kelepon tradisional ini tidak mengandung bahan tambahan seperti pengawet atau pewarna makanan. Kue kelepon ini mudah dijumpai di pasar pasar tradisional dijajakan bersama kue cenil, kue lupis,  ongol ongol, getuk sebagai cemilan. 

Di sumatra kue kelepon dikenal dengan nama onde onde, namun bukan onde onde yang ada di jawa. Onde onde jawa bukanlah klepon tapi kue tradisional dari tepung beras bulat yang berbalut wijen dan biasanya berisi kacang hijau. 

Umumnya klepon memiliki warna hijau yang diberi pewarna dari daun suji atau pandan. Yang berbeda adalah kue klepon dengan warna ungu, kue klepon ini dibuat dengan menambahkan ubi ungu kedalam bahannya. Untuk resep cara membuat kue klepon ubi ungu ikuti langkah langkah resep berikut ini. 



Bahan membuat Kue Klepon :
tepung ketan 100 gr 
Ubi Ungu 250 gr 
gula merah 50 gr 
air hangat 75 cc 
Garam secukupnya
kelapa parut 100 gr + garam ( untuk taburan )

Cara membuat kue klepon Ubi Ungu :
  • Kukus ubi ubi ungu setelah itu dihaluskan.
  • Campurkan ubi yang telah dihaluskan dengan tepung ketan dan air hangat, aduk rata sampai bahan menjadi kalis dan halus.
  • Ambil  adonan setengah sendok, isi adonan klepon dengan gula merah, kemudian bentuk menjadi bulat sampai adonan habis.
  • Panaskan air sampai mendidih, masukkan adonan kue klepon yang telah dibulatkan kedalamnnya, hingga kue klepon matang dan mengambang.
  • Angkat Kue Klepon dan tiriskan, sisihkan.
  • Sbagai pelengkap kue klepon, parutan kelapa dikukus dan ditambah garam sampai matang, kemudian angkat.
  • Klepon yang telah ditiriskan diguling gulingkan pada kukusan parutaan kelapa. Kue Klepon Ubi Ungu siap disajikan.

Jika anda ingin klepon berwarna hijau anda dapat menggunakan ubi putih atau ubi lainnya kemudian tambahkan air daun suji / pandan atau pewarna hijau saat mencampurkan ubi, tepung ketan dan air.

Cukup Mudah dan sederhana bukan membuat klepon ubi, jajanan pasar yang tak kalah enak dari berbagai jenis kue kue modern. Semoga resep membuat kue klepon ini bermanfaat dan dapat melestarikan kue klepon sebagai salah satu kue khas nusantara. Silakan mencobanya dirumah semoga bermanfaat.

Video Orang Bule Membuat Klepon Youtube :

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Siomay Pink Jakarta Buatan Pak Sriyono Terbaru

Cara Membuat Rempeyek Kacang Enak dan Renyah Terbaru