Cara Membuat Kue Pukis Kentang Istimewa Terbaru

Kue Pukis merupakan salah satu kue khas indonesia yang dibuat dari tepung terigu dan campuran santan serta gula dan ragi. Bentuk dan warnanya sangat khas, dengan bagian atasnya yang berwarna kuning dan bawahnya yang berwarna kecoklatan. Pukis memiliki rasa yang manis, legit, enak, dan empuk sangat nikmat di lidah. Kue pukis yang enak dibuat dari kentang karenga kue pukis kentang memiliki tekstur yang lebih lembut dan istimewa.

Kue pukis kentang ini berasal dari gombong namun kue pukis juga dikenal diberbagai daerah di Indonesia. Di Jawa Tengah selain kue pukis gombong ada juga kue pukis banyumas yang memiliki bentuk lebih besar dan tebal. Kue pukis kentang benar benar enak seperti donat kentang

Untuk membeli kue pukis anda bisa mendapatkanya di pasar pasar tradisional kadang juga di jajakan secara keliling. Kue pukis kentang ini bisa di fariasikan dengan aneka macam toping pukis seperti keju dan coklat. Karena rasanya yang enak  Kue pukis ini sangat cocok dijadikan cemilan tak kalah dari roti bakar modern

Anda juga bisa membuat kue pukis sendiri dirumah karena cara membuat kue pukis kentang ini sangat mudah dan praktis. Anda bisa menggunakan cetakan kue pukis yang sama dengan cetakan kue pancong. Resep kue pukis kentang ini akan lebih enak jika diberi toping coklat dan keju. Berikut resep kue pukis kentang coklat keju istimewa.

Kue Pukis Istimewa Keju Coklat

Bahan Resep Kue Pukis Istimewa:
santan 200 ml 
ragi instan ½ sdm 
air hangat 50 ml 
telur ayam 3 butir 
gula pasir 100 g 
tepung terigu 150 g 
kentang ukuran sedang 1 buah  ( cuci, potong, rebus empuk dan haluskan )

Topping Kue Pukis:
coklat meises
keju Parut

Cara membuat Kue Pukis Istimewa  :
  • Panaskan santan sampai mendidih kemudian Angkat dan Diamkan agar hangat.
  • ragi diaduk bersama air hangat sampai membuih, tidak harus sampai berbuih banyak.
  • gula dikocok dengan telur sampai mengental dan adonan mengembang.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai rata dengan mixer kecepatan rendah.
  • Tambahkan larutan ragi setelah itu masukan kentang halus baru kemudian masukan santan, kocok adonan sampai rata. Biarkkan selama 15 menit.
  • Panaskan cetakan kue pukis menggunakan api yang sedang, pastikan cetakan panasnya merata agar hasil kue lebih maksimal kemudian olesi cetakan kue pukis dengan minyak atau margarin.
  • Tuangkan adonan kue pukis kedalam cetakan sampai 2/3 tinggi cetakan, jangan lupa kemudian tutup.
  • Saat bagian atas mulai matang dan tidak basah taburkan keju atau coklat meises, lalu tutup kembali selama 15 sampai 20 detik hingga coklat atau keju sedikit meleleh dan menempel.Angkat kue pukis istimewa dari cetakan untuk dihidangkan.
Anda bisa mengkreasikan aneka kue pukis kentan ini sendiri dengan cara mengganti bahan toping menurut selera anda. Ukuran Kue tergantung dari besar cetakan gunakan cetakan kecil jika anda ingin membuat kue pukis mini. Selamat mencoba resep kue diirumah dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Siomay Pink Jakarta Buatan Pak Sriyono Terbaru

Cara Membuat Rempeyek Kacang Enak dan Renyah Terbaru