Cara Membuat Sponge Cake Coklat Istimewa Terbaru

Kue sponge atau sponge cake memiliki teksture seperti sponge jadi sering dikenal dengan sponge. Kue ini bisa dibuat untuk berbagai acara seperti ulang tahun, arisan, rapat, atau mungkin jika anda ingin berniat membuka bisnis usaha  roti, sponge cake bisa menjadi pilihan.

Sponge cake adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, gula , dan telur , kadang diberi ragi dengan baking powder tergantung selera. Resep Kue sponge cake yang baik tidak bantat dan untuk yang tak dicampur dengan warna seperti coklat akan bewarna kuning keemasan. Aneka Sponge cake di Indonesia dikenal dengan nama kue bolu, jadi sebenarnya tidak ada perbedaan antara kue sponge cake dengan kue bolu karena pada hakekatnya keduannya sama.

Agar kue sponge cake tidak bantat adonan harus sering diaduk atau dikocok dengan benar.Sebaiknya tepung dan margarin dimasukan sebelum adonan terlalu kental agar udara yang terperangkap lebih banyak jadi akan mudah mengembang dan membentuk sponge. Penyebab kue bantat juga bisa diatasi dengan mengayak terigu sampai diperoleh tepung yang benar benar lembut.

Setelah sedikit mengenal kue sponge ini saatnya kita mencoba praktek membuat kue sponge ini. Kue sponge yang akan dibuat adalah kue sponge cake coklat. Pastinya kue sponge coklat ini enak dan mantap. Resep sponge cake coklat ini mudah dibuat. Cara membuat sponge cake coklat bisa kita buat sendiri dirumah.

kue sponge cake coklat

Bahan membuat sponge cake coklat
tepung terigu 75 gr
kuning telur 8 butir 
putih telur 5 butir 
gula pasir 125 gr 
emulsifier 1 sdm  
coklat bubuk 25 gr 
baking powder 1 sdt 
margarin 75 gr  (lelehkan)

Cara Membuat Sponge Cake Coklat

  • Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. sisihkan.
  • Kocok putih telur, kuning telur dan gula pasir serta emulsifier hingga mengental.
  • tambahkan ayakan tepung terigu sedikit demi sedikit secara bertahap. Aduk kembali adonan pelan hingga tercampur rata.
  • Masukkan margarin  yang telah dilelehkan, aduk kembali adonan agar semakin merata.
  • Tuangkan adonan kue sponge ke dalam loyang ukuran 22 x 22 x 4cm yang telah dialasi dengan kertas roti dan diolesi minyak atau margarin.
  • Panggang dalam Oven panas 190 derajat Celcius selama 20 menit. Angkat.

Kue sponge coklat sudah siap untuk dinikmati. Jika ingin lebih cantik lagi anda bisa menghiasinya dengan butter cream. Tak terlalu susah bukan, silakan mencobanya dirumah dan semoga resep membuat kue ini bermanfaat. Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Siomay Pink Jakarta Buatan Pak Sriyono Terbaru

Cara Membuat Rempeyek Kacang Enak dan Renyah Terbaru