Resep Cara Membuat Kue Cenil Warna Istimewa Terbaru

Kue Cenil tentu sudah tak asing buat kita. Kue cenil termasuk jajanan pasar yang mudah kita jumpai. Biasannya dijajakan bersama kue lupis  keliling kampung sehingga kue ini sangat akrab di masyarakat. Rasannya yang manis bertabur kelapa dan juga gula pasir dengan warna yang menggoda membuat kue cenil digemari oleh anak anak.

Kue cenil selain dijajakan juga mudah kita temukan di pasar tradisional. Saat jaman sekolah saya dulu kue cenil ini juga bisa kita temukan di sekolah sekolah, Namun dalam perkembangannya kue ini mulai susah kita dijumpai. Kue kenyal termasuk kue yang mudah dan sederhana untuk dibuat kue cenil warna warni ini biasanya dibuat dari singkong .

Untuk melestarikan keberadaan kue cenil tradisional saya ingin share resep kue cenil warna warni. Cara membuat cenil warna warni ini sangat praktis dan tidak sulit kok. Berikut resep membuat kue cenil warna warni istimewa


resep membuat kue cenil

Bahan Resep Membuat Cenil :

tepung kanji 500 gram
air daun pandan 200 ml
1 tetes pewarna merah kuning dan Hijau
garam secukupnya

Taburan Kue Cenil :
kelapa muda 1 /2 butir ( parut, kukus dengan garam )
gula pasir 1 sdm

Cara membuat cenil :
  • Campurkan 1/2 kanji, daun pandan, dan garam kemudian aduk rata. Masak adonan hingga mendidih dan menjadi kental. Angkat.
  • Selanjutnya  tepung kanji dimasukan ke adonan sedikit demi sedikit secara bertahap sambil diaduk sampai adonan kalis. Biarkan adonan agar dingin.
  • Bagi adonan cenil jadi 3 bagian, dan beri warna adonan cenil dengan warna merah, kuning dan hijau. Uleni hingga adonan menjadi kalis, setelah itu bentuk bulat adonan.
  • Panaskan air daun pandan hingga mendidih. Masukkan adonan cenil yang telah dibentuk bulat, masak hingga kue cenil mengapung. Angkat dan tiriskan.
  • Guling-gulingkan cenil ke dalam kelapa parut sampai merata. Sajikan bersama taburan gula pasir
Jika anda ingin membuat rasa kue cenil, anda bisa menambahkan esens stroberi untuk warna merah, pandan untuk warna hijau dan esens durian untuk warna kuning atau sesuai selera anda. Anda juga bisa mencoba membuat kue cenil atau mungkin aneka kue basah tradisional lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Siomay Pink Jakarta Buatan Pak Sriyono Terbaru

Cara Membuat Rempeyek Kacang Enak dan Renyah Terbaru