Resep Cara Membuat Kue Lupis Ketan Hitam Tradisional Terbaru


Kue lupis dikenal juga dengan nama  kue lopiskue lupis ketan merupakan jajanan tradisional khas Nusantara yang terkenal di pulau jawa, ada yang bilang kue ini dari jawa barat  dan betawi. Namun kue lupis juga mudah ditemukan di daerah jawa  tengah dan jawa timur. Meskipun namanya mirip Kue lapis tapi kue lupis ini tak sama dengan kue lapis.

Kue lupis mudah dijumapi di pasar pasar tradisional dan juga di jajakan secara keliling. Aneka kue lupis sampai sekarang masih banyak disukai. kue lupis ini mirip dengan kue lemang terbuat dari beras ketan. Kue lapis ketan disajikan dengan taburan kelapa parut dan siraman sirup gula jawa yang membuat kue lupis ini terasa manis dan legit. Tekstur kue lembut dan kenyal dibungkus dengan daun pisang sehingga rasa tradisionalnya terasa banget.

Kue lopis biasanya dibuat dengan bahan ketan putih maupun ketan hitam. Cara membuat lupis ketan ini juga tergolong mudah dan sederhana. Kue lupis ketan bisa menjadi jajanan yang sehat untuk keluarga anda. Karena proses dan bahan baku yang digunakan masih tradisional tidak memerlukan bahan kimia.

Untuk membuat kue lupis tidaklah sulit. Resep lupis tradisional ini bisa kita buat dengan mudah dan praktis. Jika anda ingin membuat resep lupis berikut resep cara membuat kue lupis ketan hitam

resep membuat kue lupis tradisional dari ketan hitam istimewa 


Bahan Membuat kue lupis ketan hitam :
beras ketan hitam 1/2 liter 
air kapur sirih 1/2 sdm
Daun pisang ( untuk membungkus )
kelapa 1/4 butir ( parut untuk taburan )
garam halus secukupnya

Bahan sirup gula merah lupis ketan hitam :
gula pasir 2 sdm
daun pandan 1 lembar
150 gram gula merah
air 60 cc 

Cara membuat kue lupis ketan hitam :
  • Cuci beras ketan hitam dan tiriskan
  • campurkan garam dan air kapur sirih kedalam beras ketan hitam aduk hingga merata.
  • Siapkan daun pisang dan potong selebar 8 cm kemudian buat rangkap dua dan dibentuk kerucut di salah satu sisi lipatannya.
  • Jika daun telah terbentuk, masukkan beras ketan hitam sebanyak 2 sendok makan kedalam daun pisang. Pipihkan dan tutup dengan melipat sisa lipatan daun pisang. Supaya tak mudah pecah ketika lupis direbus, sebaiknya daun pembungkus di ikat.Rapikan.
  • Rebus kue lapis selama lebih kurang 4 jam. Angkat.
  • Sambil menunggu kita buat sirup gula kue lupis dengan merebus semua bahan sirup lupis sampai menjadi kental, Kemudian saring.
  • Hidangkan kue lupis ketan hitam ini dengan bersama sirup gula jawa.
Cukup mudah bukan cara buat kue lupis ketan ini. Kue ini sangat cocok sebagai cemilan dan dapat dinikmati kapan saja. Silakan anda coba dirumah semoga resep kue lupis ini bisa bermanfaat. resep kue ini dibuat untuk melestarikan kue lupis agar selalu ada dan bisa digunakan untuk siapapun yang membutuhkan. terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Siomay Pink Jakarta Buatan Pak Sriyono Terbaru

Cara Membuat Rempeyek Kacang Enak dan Renyah Terbaru