Resep Cara Membuat Kue Ongol-Ongol Tradisional Terbaru

Ongol ongol merupakan kue basah khas nusantara. Ongol ongol memiliki tekstur kenyal dan lembut. Kue dari tepung singkong ini mudah ditemukan di pasar kue tradisional. Selain tepung kanji atau singkong, Jika anda tak mau repot memarut singkong atau membuat kue dari tepung kanji bahan resep kue ongol ongol ini bisa juga digantikan dengan ongol ongol hunkwe ataupun tepung sagu aren.  

Penyajian kue ini ditaburi atau digulingkan dengan kelapa parut. Kue ini juga baik untuk jajanan anak karena bahan kue ini sederhana dan tak memerlukan bahan pewarna maupun pemanis. Kue ongol ongol dikenal didaerah tapanuli, namun hampir setiap daerah di indonesia memiliki resep kue ongol ongol sendiri. Yang berbeda biasannya hanyalah bahan utamanya saja.

Soal rasa tentu kue basah ini tidak kalah dengan Roti Modern yang banyak beredar di kota kota besar. Semua jenis ongol ongol mulai dari yang terbuat dari singkong, sagu, hunwkue memiliki rasa yang khas dan enak. Kali ini masak kue akan berbagi resep ongol ongol dari sagu aren, Jika anda ingin membuat ongol ongol dari bahan yang lain anda boleh menggantikan tepung sagu dengan bahan yang anda inginkan :

Ongol ongol

Bahan Membuat kue Ongol Ongol:
tepung sagu aren kering 125 g 
gula merah atau gula jawa 150 g  ( iris tipis tipis )
daun pandan 2 lembar ( potong potong)
kelapa muda 150 g (kupas dan parut memanjang 
375 ml air
garam secukupnya

Cara membuat Ongol Ongol:
  • Campurkan bahan tepung sagu kedalam air 150 ml, aduk sampai rata dan Sisihkan.
  • Sisa air (225ml) dimasak dengan gula serta daun pandan sampai mendidih dan gula menjadi larut. Angkat kemudian saring. Campurkan dengan larutan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  • Masak adonan ongol ongol pada api yang kecil sampai mendidih dan adonan menjadi kental.
  • Tuangkan adonan yang sudah mengental dan masih panas ke dalam loyang, ratakan adonan dan Dinginkan. Potong ongol ongol sesuai selera.
  • Guling gulingkan pada kelapa parut sampai kue terbalut dengan rata.
  • Kue ongol ongol siap diSajikan.

Mudah dan sederhana bukan membuat kue ongol ongol ini? Sajikan untuk roti enak teman minum teh atau saat santai bersama keluarga tentu bisa menjadi kenikmatan tersendiri. Selamat mencobanya dirumah semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dalam Bahasa Inggris Terbaru

Siomay Pink Jakarta Buatan Pak Sriyono Terbaru

Cara Membuat Rempeyek Kacang Enak dan Renyah Terbaru